Cara Melacak Hp Android yang Hilang

Pernah kehilangan ponsel Android? Memang kehilangan ponsel menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Bukan hanya dari segi materi saja, namun juga dari data-data penting yang tersimpan dalam ponsel seperti file atau foto.


Saat kehilangan ponsel tentu Anda penasaran apakah karena lupa atau memang karena dicuri, sehingga Anda mencoba mencari cara untuk melacak keberadaan ponsel tersebut. Untuk yang belum pernah kehilangan ponsel, cara-cara berikut ini menjadi upaya pencegahannya untuk melacak ponsel jika suatu saat hilang atau lupa menaruhnya.

Smartphone Android didukung oleh Google sehingga Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google untuk membantu melacak ponsel yang hilang. Device manager diklaim lebih mudah digunakan daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya. Kegunaannya tidak hanya untuk melacak saja, namun bisa digunakan untuk mengunci ponsel dan menghapus data-data pada ponsel jika memang tidak bisa ditemukan.
  • Download dan install aplikasi Android Device Manager pada ponsel Anda dan jangan lupa di accept.
  • Lakukan login dengan akun Google yang Anda gunakan pada smartphone dan akun ini harus aktif.
  • Setelah itu Anda akan diberi kotak dialog yang berisi perintah untuk mengunci, menghapus data atau memaksanya bordering jika dirasa lupa meletakkan ponsel. Ini bisa digunakan untuk yang memiliki dua ponsel, atau Anda bisa meminjam ponsel lain.
Android device manager dapat dijalankan melalui perangkat komputer. Berikut langkah-langkah mengakses aplikasi tersebut melalui PC:
  • Untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang melalui visualisasi peta, Anda bisa pilih ikon GPS di pojok kanan. Ini hanya berfungsi hanya jika ponsel Anda GPS ponsel Anda aktif. Tapi jangan khawatir karena aplikasi ini mampu memaksa ponsel Anda untuk melakukan reset hanya dengan memilih opsi erase. Maka smartphone Anda akan menyetel GPS secara otomatis.
  • Untuk menghindari pembajakan terhadap data-data Anda di ponsel yang hilang, Anda bisa memanfaatkan fitur Lock untuk mengunci ponsel dengan password secara otomatis

Cara Melacak Hp Android yang Hilang dengan DropBox

Jika Anda memanfaatkan fitur DropBox di ponsel Anda yang hilang, maka Anda bisa mendapatkan petunjuk melalui aplikasi ini. DropBox umumnya akan terkonfigurasi dengan cloud storage di perangkat Android. DropBox memiliki fitur Camera Upload yang secara otomatis mengunggah foto setiap kali ponsel mengambil gambar. Foto akan tersimpan pada folder awan DropBox. Jika Anda memang menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa login kea kun DropBox Anda dengan PC dan masuk ke menu Camera Upload. Jika pencuri ponsel menggunakan ponsel Anda untuk berfoto maka secara otomatis akan terdeteksi melalui akun tersebut dan Anda bisa melacak lokasi pengambilan foto.

Cara Melacak Hp Android yang Hilang Pakai Nomor Imei 

Setiap ponsel Android tentu memiliki nomor IMEI sebagai identitas yang masing-masing produknya memiliki nomor yang berbeda. Ternyata IMEI juga dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang.
  • Catat nomor IMEI ponsel yang hilang, biasanya ada di kotak atau dus book ponsel Anda.
  • Untuk memulai proses pelacakan, Anda bisa menekan tombol play sound dan google akan mencari lokasi ponsel berada.
  •  Anda bisa menemukan titik lokasi dimana ponsel Anda yang hilang. Anda bisa membesarkan maupun mengecilkan sound detection.
Itulah beberapa cara melacak Hp Android yang hilang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang kehilanag ponsel.